Jumat, 20 Agustus 2010

Kunjungan Wisman Naik 5 Persen

Tahun 2010 yang dicanangkan sebagai tahun kunjungan wisata dinilai cukup berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kaltim. Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim hingga Juli 2010, khusus wisatawan mancanegara (Wisman) meningkat lima persen, sedangkan wisatawan nusantara (wisnus) mencapai 10 persen. Kabupaten Berau dan Kutai Kartanegara (Kukar) masih menjadi dua daerah yang paling favorit untuk dikunjungi para wisatawan tersebut. Sedangkan 12 Kabupaten dan Kota lainnya, masih relatif normal dari biasanya.

Terutama Berau yang setiap tahun terus membenahi objek wisatanya dalam hal ini Pulau Derawannya. Bandaranya sudah bisa didarati pesawat berbadan lebar, akses menuju Derawan juga semakin mudah, makanya Berau menempati posisi kabupaten yang paling banyak dikunjungi wisatawan dalam hal ini Wismannya," kata Kepala Disbudpar Kaltim Firminus Kunum, Selasa (17/8).

Selain itu menurutnya, banyaknya even kebudayaan yang digelar selama 2010 dengan tentunya jaminan keamanan, Wisman banyak berkunjung. Kabupaten dan Kota juga semakin sadar dengan pontensi wisata unggulan yang dimiliki untuk meningkatkan sumber PAD.

"Kabupaten dan Kota terlihat meningkatkan pengelolaan dan faktor pendukung lainnya guna mengedepankan objek wisata unggulan itu dalam menyerap wisatawan untuk datang. Jadi benar-benar sekarang ini saling berkesinambungan, kami yakin ke depannya akan terus meningkat kunjungan wisatawan kita," ujarnya.

Kendati demikian, infrastruktur jalan yang masih belum memadai tetap menjadi kendala utama. Sebab dari data Disbudpar, banyak objek wisata yang masih sulit dijangkau dengan transportasi darat.

"Seperti di Nunukan, Malinau dan Kubar. Padahal di pedalaman-pedalaman mereka itu, banyak objek wisata yang bisa dikembangkan, tapi akses kesananya sulit, jadi wisatawan kita pun sulit untuk datang ke sana. Mudah-mudahan ke depannya, sedikit demi sedikit kendala-kendala itu bisa kita tanggulangi,"


Sumber :
Ir. Ismono
http://www.bappeda.samarinda.go.id/berita.php?id=1389
18 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar